Jual Beli Bitcoin Indonesia


Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu BitCoin, saya sudah mengulasnya pada Catatan Mengenal BitCoin. Bagi Anda yang baru Mulai, buatlah Wallet BitCoin terlebih dahulu untuk menyimpan Bitcoin Anda, Silahkan baca Panduan membuat Wallet dan Daftar Gratis di BitCoin Indonesia. Anda juga Bisa Membuatnya di Blockchain

// // Leave a Comment

Mengenal BitCoin


Bitcoin adalah mata uang elektronik yang didasari oleh teknologi yang paling baru dan mulai menjadi pilihan sebagai pengganti emas. Bitcoin sendiri dibuat dari gabungan berbagai teknologi dari cryptografi, ekonomi dan network membentuk sebuah program yang terdiri dari network peer-to-peer yang kokoh dan hampir mustahil untuk diserang, teknologi atau lebih tepatnya mata uang baru ini disebut cryptocurrency. BitCoin ini pada akhirnya berfungsi sebagai mata uang.

Berdasarkan DailyDotCom penggunaan Bitcoin atau mata uang cryptografi ini terus meningkat drastis. Tahun 2012 lalu titik transaksi tertinggi berhasil diraih dengan transaksi mencapai 58.000 per hari. Sekarang setelah tahun baru transaksi Bitcoin terus stabil pada titik 50.000 transaksi per harinya.

Pengguna internet terus antusias menggunakan bitcoin sebagai mata uang internet yang sepenuhnya bersifat digital. Bahkan perusahaan raksasa seperti Wordpress sekarang menerima mata uang bitcoin dalam penyediaan jasanya. Berdasarkan Forbes, bitcoin menjadi alternatif mata uang yang populer karena kemudahannya dalam penggunaannya, sistem yang terdesentralisasi dan akses yang tersedia untuk semua orang menjadi daya tarik utama dalam mata uang ini.

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital.

Bitcoin sebagai mata uang memiliki fitur sebagai berikut:

  •     Transfer instant secara peer to peer.
  •     Transfer ke mana saja
  •     Transfer tanpa biaya.
  •     Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
  •     Transaksi bitcoin bersifat anonim.
  •     Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
  •     Jumlahnya terbatas

Anda bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setelah menginstall wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address. Untuk transfer bitcoin sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim.

Banyak Pertanyaan yang Muncul mengenai BitCoin, "Jika tidak ada bank atau perusahaan yang mengelola seperti halnya paypal, lalu data keuangan disimpan di mana?" Jawabannya, di komputer Anda sendiri (dalam wallet) dan jaringan peer to peer di seluruh dunia. Uang bitcoin tersimpan di komputer Anda di dalam wallet.

Anda juga harus memiliki Wallet untuk menyimpan BitCoin dalam sebuah Akun Online, Silahkan Anda membuatnya di Blockchain.info

Mengapa Orang tertarik pada BitCoin?

Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korup dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi, sehingga keputusan-keputusan finansial selalu berpihak kepada konglomerat belaka.

Konsep ini menarik bagi banyak orang terutama para geek di dunia IT. Mereka mulai menginvestasikan aset mereka dalam bentuk bitcoin, sementara itu perekonomian dunia semakin labil terbukti dengan adanya krisis perbankan Amerika dan Eropa.

Bitcoin dipercayai akan menjadi mata uang dan komoditas universal sehingga harga akan terus melambung tinggi. Dan ini terbukti, lihat tahun ini saja (Januari 2013) 1 BTC (satuan mata uang bitcoin) diperjualbelikan dengan harga kisaran 13 USD, sedangkan sekarang (Mei 2013) 1 BTC diapresiasi dengan nilai 120 USD, ini berarti selama 5 bulan nilai bitcoin telah melambung hampir 10 kali lipat.

Sekarang 1 BTC diapresiasi dengan nilai 860 USD (Desember 2013) berarti melambung 66 kali lipat dalam 1 tahun. Jika 2 tahun yang lalu (awal 2011) Anda iseng membeli bitcoin seharga 0.3 USD, saya ucapkan selamat karena sekarang Anda menjadi milioner.

Apakah Bitcoin Aman?

Meski merupakan Sistem open source tetapi sistem Network Peer-to-peer BitCoin telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer, baru bisa dinyatakan valid.

Sistem bitcoin aman, yang harus diwaspadai adalah pengguna dan money exchanger. Karena  seperti halnya password internet banking, hacker juga bisa mencuri sejumlah uang dari Anda jika komputer Anda di jangkiti virus oleh Hacker.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Anda bisa memperoleh BitCoin dengan cara membeli dan minning. Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti bitcoin.co.id (indonesia), mtgox (US & Jepang), dan btcchina.com (China).

Anda Juga Bisa Memperoleh BitCoin Gratis untuk dikumpulkan dan di jual, silahkan Baca Cara Mendapatkan BitCoin Gratis. Sebelumnya Anda harus membuat Wallet untuk menyimpan BitCoin,  ikuti  Panduan membuat Wallet

Lebih lanjut mengenai Bitcoin dapat Anda Pelajari di:

    Intro: http://bitcoin.org/en/
    Video: https://www.weusecoins.com/en/
    Wiki: https://en.bitcoin.it/wiki/Trade

Silahkan Berbagi !!

0 komentar:

Posting Komentar

startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software